Talkshow dan Pameran Media di SD 3 Hadipolo

Tim Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) SD 3 Hadipolo Kudus mengadakan kegiatan unik dan kreatif saat penarikan PPL dengan menggelar Pameran Media dan Talkshow inspirasi bertajuk “Berani Bermimpi dan Kejarlah” dengan menghadirkan tiga narasumber yaitu Eka Zuliana, M.Pd. (Peneliti dan Dosen UMK), Bripda Marlita Fitria (Polisi Wanita, Polres Kudus), dan Yoga Yuni Mukhlis (Enginnering dan Teknisi Produksi Djarum) yang diselenggarakan pada Kamis (5/10/2017).

Dalam Talkshow tersebut, Bripda Marlita Fitria selau Polisi Wanita (Polwan) Polres Kudus, menekankan pentingnya memiliki cita-cita. “Untuk menggapai cita-cita kita harus bekerja keras, terus belajar, dan harus disiplin, serta jangan terlalu sering menggunakan gadget. Jadi siswa tidak boleh nakal dan berkelahi. Belajarlah sungguh-sungguh untuk mengejar cita-cita.” Tuturnya dengan ramah dihadapan ratusan peserta.

Sedangkan Eka Zuliana, M.Pd., menyampaikan Talkshow dengan materi tentang pentingnya memiliki cita-cita agar sukses. Saat menyampaikan materi Eka menggunakan bermacam alat peraga seperti Cubbercraf si Unyil dengan sangat menarik. Peserta yang berjumlah ratusan siswa itu tampak antusias dan tertarik dengan cerita inspirasi kesuksesan dan motivasi dengan bantuan alat peraga pendidikan. “Siapa yang punya cita-cita dan ingin sukses harus semangat mengejar dan merealisasikannya.”tuturnya sambal membawa alat peraga pendidikan saat menyampaikan materi.

Eka Zuliana, Dosen PGSD Universitas Muria Kudus membuat bermacam usaha produksi Alat Peraga Edukatif Sekolah Dasar (APE SD) yang dipamerkan dan diaplikasikan dalam acara Pameran Media dan Talkshow tersebut. Produk alat peraga pendidikan tersebut merupakan hasil produksi dari Unit usaha Alat peraga Pendidikan PGSD UMK. Unit usaha yang diketuai oleh Eka Zuliana, M.Pd., ini merupakan hasil dari pelaksanaan Program Pengembangan Usaha Produk Intelektual Kampus (PPUPIK) yang sangat dibutuhkan para siswa, guru, khususnya guru Sekolah Dasar.

Produk yang dibuat oleh unit usaha itu ada sepuluh produk kreatif dan inovatif. Diantaranya Diorama Simulasi Pemilu, Buku Dongeng Asal Usul Batik Bakaran Pati, Boneka Tangan Asal Usul Batik Bakaran Pati Jawa Tengan, Marionette tangram, Cubeecraft si Unyil, Monopoli Engklek, Siputmatika (Simetri Putar Matematika), Puzzle Peta Tematik Budaya Jawa Tengah, Alat Peraga Edukatif (APE) Rangka Manusia, APE Gerhana, dan  Diorama Lalu Lintas.

“Alat peraga edukatif Sekolah Dasar yang kami buat dan kami produksi ini dapat bermanfaat dan berperan dalam membantu siswa mengkonstruks sendiri konsep yang dipelajari sehingga menumbuhkan rasa senang dan minat dalam belajar.” Tutur Eka Zuliana dengan ramah.

“Kegiatan Unit usahat alat peraga edukatif sekolah dasar ini antara lain, memproduksi APE SD dan buku petunjuk penggunaannya, kedua jasa diklat dan layanan konsultasi pembuatan APE SD.” Kata Henry Suryo Bintoro, M.Pd., selaku anggota tim Peneliti dari PGSD UMK.

Narasumber ketiga, Yoga Yuni Mukhlis memberikan tips, “Kalau pengen sukses kita harus selalu berusaha, kerja keras, dan tekun beribadah.” Paparnya dihadapan banyak peserta. (Noor Ahsin)

     

 

 

Berita DIKTI

Berita Kopertis VI

Go to top