id Indonesian en English

Usai Tandatangani MoU, Dosen Ikuti Workshop MYOB

User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

UMK - Universitas Muria Kudus (UMK) menjalin kerjasama dengan PT. NET21PLUS, Senin (26/1/2015). Kerjasama tersebut ditandai dengan panandatangan Memorandum of Understanding (MoU) yang dilakukan Rektor Dr. Suparnyo MS. (UMK) dan Amalia Nur Ahsani (PT. NET21PLUS).

Penandatanganan MoU dilaksanakan di ruang seminar lantai III Gedung Program Pasca-Sarjana disaksikan oleh Dekan Fakultas Ekonomi Dr. Moh. Edris MM. serta para pejabat dan dosen di lingkungan fakultas tersebut, terkait pengembangan Mind Your Own Business (MYOB) di UMK.

Suparnyo dalam sambutannya menyampaikan, MYOB merupakan program accounting yang dikembangkan oleh perusahaan di Singapura dan sudah banyak dipakai oleh perusahaan-perusahaan di Indonesia, khususnya perusahaan kelas menengah ke bawah.

''Program ini sangat berguna bagi bapak dan ibu dosen di Program Studi (Progdi) Akuntansi maupun Progdi Manajemen, sehingga penting menguasai program ini. Setahu saya, program ini selalu mengalami perkembangan,'' katanya.

Rektor menambahkan, di era pasar bebas, apalagi kebijakan Masyarakat Ekonomi ASEAN juga segera diberlakukan, penguasaan terhadap MYOB ini menjadi hal yang juga sangat penting. ''Harapannya, setelah menguasai program ini, bapak dan ibu dosen bisa menularkan kepada para mahasiswa,'' pesannya.

Amalia Nur Ahsani menuturkan, MYOB di Indonesia sudah banyak digunakan oleh banyak perguruan tinggi, khususnya Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang sudah memiliki basic accounting memadai.

''Di Yogyakarta, program MYOB sudah banyak dipakai, khususnya di SMK-SMK. Sedang untuk perguruan tinggi, selain UMK, antara lain telah dikembangkan pula di Universitas jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto, Politeknik Negeri Malang, dan Politeknik Madiun,’’ ujarnya di sela-sela workshop yang diikuti sebanyak 16 peserta itu.

Menurut Amalia, program MYOB ini tidak terlalu sulit untuk dipelajari. ‘’Program ini sangat praktis dan mudah dipelajari. ‘’Pelatihan rata-rata yang dilaksanakan selama tiga hari, biasanya sudah selesai bahas modul hingga pre-test,’’ ungkapnya di pelatihan yang berlangsung dari 26 – 28 Januari 2015 itu. (Eros-Portal)