Workshop Lesson Study

PENDAHULUAN

Pusat Kajian Pendidikan sebagai bagian dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muria Kudus senantiasa berkomitmen melakukan kajian, penelitian dan  pengabdian serta pengembangan pendidikan dengan berbagai kegiatan salah satunya  melakukan  workshop lesson study dalam rangka meningkatkan kualitas pembelajaran para dosen. Selama ini pengetahuan tentang lesson study diperoleh dosen secara mandiri dengan membaca dan mengikuti seminar. 

Beberapa  kegiatan yang terkait  lesson study  telah dilakukan para dosen di lingkungan Fakultas Keguruan dan Ilmu pendidikan. Lesson study pada tahun ini juga dijadikan sebagai instrumen monev proses pembelajaran para dosen di lingkungan FKIP dengan cara dosen melakukan open class untuk memperoleh masukan dari rekan sejawat terkait pembelajaran yang telah dilakukan.

Lesson study juga dipakai beberapa dosen dalam pembelajaran “microteaching”  dan pengabdian masyarakat di Kelompok Kerja Guru (KKG).  Diharapkan dengan memahami lesson study para dosen dapat berbagi, memperoleh masukan untuk perbaikan pembelajaran sehingga dapat meningkatkan kualitas layanan pembelajaran pada mahasiswa.

 

PELAKSANAAN

Hari

:

Senin - Selasa

Tanggal

:

18 – 19 April 2016

Waktu

:

09.00 WIB s.d. selesai

Tempat

:

Ruang Seminar, Gedung B Rektorat Lt. IV Universitas Muria Kudus

   

 

NARASUMBER

Narasumber Workshop Lesson Study dalam rangka peningkatan kualitas pembelajaran ini adalah:

1.      Mr. Ryo Suzuki - Japan International Cooperation Agency (JICA)

2.      Dr. AsepSupriyana, M.Si. - Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)

 

PESERTA KEGIATAN

Peserta Workshop Lesson Study terdiri dari :

  1. Dosen dari Program studi di BK, PBI, PGSD, Bahasa Indonesia dan Matematika FKIP Universitas Muria Kudus sebanyak 50 orang

  2. Guru – guru di sekolah mitra (SD/SMP/SMA) sebanyak 50 orang.

 

 

Berita Dikti

Berita Kopertis VI

Go to top