iden

Penting, Mahasiswa Kuasai Keterampilan Menulis

User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

+ Dari Sarasehan Jurnalistik Ramadan UMK – Suara Merdeka (Bagian 3)

UMK – Penguasaan terhadap keterampilan menulis (ilmu jurnalistik) sangat penting bagi mahasiswa (dan juga pelajar-red). Sebab, dalam perjalanannya, ilmu jurnalistik tidak bisa dilepaskan dari aktivitas akademik dan menjadi instrumen penting bagi kegiatan belajar mengajar.

Bupati Kudus H. Musthofa menyampaikan hal itu di depan peserta Sarasehan Jurnalistik Ramadan yang digelar Universitas Muria Kudus (UMK) dan Harian Suara Merdeka di Aula Masjid Darul Ilmu, Jum’at (26/6/2015), melalui sambutan tertulis yang dibacakan Asisten II Setda Kabupaten Kudus, Budi Rahmat.

‘’Mahasiswa tentu dituntut menguasai jurnalistik, karena dalam setiap pertemuan perkualiahan, (tugas) makalah selalu menyertai,’’ ungkapnya di depan ratusan peserta yang terdiri atas pelajar dan mahasiswa dari Kudus, Pati, dan Jepara.

Banyaknya tugas-tugas dalam aktivitas belajar mengajar yang mensyaratkan pernguasaan kemampuan menulis yang baik inilah, sehingga menurut Musthofa, ilmu jurnalistik mestinya tidak bisa dipisahkan dalam keseharian mereka.

‘’Kemampuan menulis (jurnalistik) ini sangat bermanfaat bagi pelajar dan mahasiswa dalam menuangkan pemikiran. Manfaat ini akan semakin terasa saat pelajar dan mahasiswa membuat tugas makalah, apalagi bagi mahasiswa yang sedang menulis skripsi,’’ ppaarnya.

Di luar itu, lanjut Musthofa sebagaimana dibacakan Budi Rahmat itu, kemampuan menulis yang baik, bisa menjadi sarana memahami dinamika yang berkembang di lingkungan atau masyarakat, khususnya di lingkungan sekolah (kampus).

 ‘’Jurnalistik adalah ilmu yang wajib dipelajari. Bahkan jika memungkinkan, setiap warga negara mestinya memahami bidang ilmu ini sebagai bagian dari kehidupan mereka, yang bisa dimanfaatkan demi kebaikan serta peningkatan kesejahteraan masyarakat,’’ katanya. (Rosidi-Portal)