Tari Kretek Meriahkan Penyambutan Menristek Dikti

User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

-   Ramadan Bersama Menristek Dikti (Bagian-1)

UMK - Kehadiran Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristek Dikti) Prof. Drs. H. Muhammad Nasir M.Si. Akt, Ph.D. di Universitas Muria Kudus (UMK) pada Minggu (5/7/2015), sungguh menjadi sesuatu yang membanggakan dan memberikan kesan tersendiri bagi segenap sivitas akademika perguruan tinggi terbesar di Pantura Timur Jawa Tengah itu.

Pasalnya, tidak sekadar Menteri berkenan meluangkan waktu di tengah padatnya kesibukannya, tetapi karena kehadirannya bertepatan dengan momen Ramadan dan di tengah-tengah 300 anak yatim piatu dari 20 panti asuhan di Kudus.

Menggunakan mobil Alphard dengan Nomor Polisi RI 28, Prof. Nasir tiba di kampus UMK sekitar pukul 15.50. Di UMK, menteri disambut antara lain oleh ketua Yayasan Pembina (YP.) UMK Drs. H. Djuffan Ahmad dan jajarannya, Rektor Dr. Suparnyo SH. MS. berikut jajaran pimpinan universitas, wakil ketua DPRD H. Ilwani, ketua Komisi D DPRD H. Mukhasiron S.Ag

Keluar dari mobil, rektor dan lainnya menyalami sang menteri. Sebelum beranjak ke ruang VVIP Gedung Rektorat untuk ramah tamah dan istirahat sejenak dari perjalanan, menteri yang juga guru besar Universitas Diponegoro (Undip) itu, disuguhi dengan Tari Kretek.

Tari Kretek merupakan tarian khas Kabupaten Kudus, yang menceritakan sebagai proses membuat rokok kretek. ''Kretek merupakan produk asli khas Kudus sekaligus warisan budaya bangsa yang ditemukan oleh putra Kudus,'' ujar Zamhuri, peneliti Pusat Studi Kretek Indonesia (Puskindo) UMK.

Tari Kretek yang dipersembahkan oleh empat penari, itu pun begitu memesona sang menteri dan jajaran pengurus, pimpinan, serta lainnya yang ikut menyambut menteri pada kesempatan tersebut. Tak jarang menteri pun tersenyum melihat gemulai dan eksotisme tarian yang dibawakan para penari. ''Tari Kretek ini bisa menjadi ruang memahami kretek dari perspektif lain, yakni kesenian,'' jelas Zamhuri. (Eros-Portal)