id Indonesian en English

FKIP UMK Terjunkan 590 Mahasiswa PLP I Secara Daring

User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 


 

 

KUDUS – Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muria Kudus (UMK) menerjunkan 590 mahasiswa peserta Pengelanan Lapangan Persekolahan  (PLP) I ke sekolah mitra secara daring pada Rabu, (16/02/2021). Pelaksanaan PLP I ini mahasiswa tidak mengajar, tapi hanya melakukan observasi.

Mahasiswa yang diterjukan berasal dari berbagai program Studi di lingkungan FKIP yaitu,  dari Prodi Bimbingan dan Konselung (45 mahasiswa),  Prodi Pendidikan Bahasa Inggris (120 mahasiswa), Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (362 mahasiswa), Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (34 mahasiswa), dan Prodi Pendidikan Matematika (28 mahasiswa). Pelaksanaan PLP I ini rencananya dilaksanakan selama 10 hari mulai Rabu (16/2/2021) - Jumat (26/2/2021). 

Dalam sambutannya, Dekan FKIP UMK, Dr. Slamet Utomo, M.Pd. mengatakan bahwa, “Sebelum penerjunan, kami dari tim PLP Fakultas sudah izin ke 5 dinas dan 1 korwil. InsyaAllah dalam pelaksanaan PLP ini sudah diizinkan.”

Sekolah Mitra tempat PLP I ada di 5 wilayah meliputi sekolah mitra wilayah Kudus, Jepara, Pati, Demak, dan Rembang. Pihak Panitia PLP menyerahkan sepenuhnya kepada pihak sekolah terkait pelaksanaan PLP I ini, bisa dilaksanakan secara online, ofline, atau blended. Mahasiswa tidak memakai seragam hitam putih, tapi memakai batik

“Karena era pandemi, pelaksanaan PLP I ini, bisa dilaksanakan secara ofline, online, atau blended. Jika para mahasiswa melaksanakan  PLP secara ofline, harus mematuhi protokol kesehatan.” Tutur Slamet Utomo.

Beliau menambahkan bahwa, “Untuk mahasiswa, silakan gunakan kesempatan ini sebaik-baiknya agar bisa mendapatkan ilmu yang nantinya semoga bisa bermanfaat. Semoga setelah pelaksanaan PLP ini, setelah lulus nanti, bisa menjadi  guru yang profesional dan berakhlakul karimah.” Harap beliau.

Perwakilan sekolah mitra dari SMA 2 Kudus, Faried Hermawan, S.Pd., M.Kom. dalam sambutannya menyatakan bahwa, “Kami mengucapkan terima kasih atas kepercayaan UMK dalam menjalin kerjasama dengan sekolah kami. Menurut saya kegiatan PLP ini sangat bermanfaat. Mahasiswa bisa terjun langsung melakukan observasi dan melihat keragaman sistem pendidikan, kurikulum, dan kultur sekolah yang berbeda. Selamat datang dan selamat bergabung di sekolah mitra.” Tuturnya. 

Hal senada juga disampaikan oleh Cicilia Tri Suci Rokhani, S.Pd. perwakilan sekolah mitra dari SD 1 Dengkek Pati. Beliau berharap, “Semoga kegiatan PLP I ini berjalan lancar. Harapan kami mahasiswa PLP I mendapatkan pengalaman dan manfaat yang banyak.” Pungkasnya. (Ahsin)

Link Pedoman PLP 1 FKIP : http://bit.ly/Pedoman_PLP1