1
PROGRAM STUDI
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muria Kudus didirikan pada 12 Juni 1980 dengan SK Ijin Penyelenggaraan Nomor 0125/0/1982 yang ditandatangani oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Dr. Daoed Joesoef). Sejak didirikan sampai dengan sekarang FKIP UMK memiliki 3 Program Studi : Bimbingan dan Konseling (BK), Pendidikan Bahasa Inggris (PBI), dan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD). Pada Tahun 1980-1983 program studi Bimbingan dan Konseling dan Pendidikan Bahasa Inggris melaksanakan pendidikan untuk jenjang sarjana muda, dan sejak 1984 melaksanakan pendidkan jenjang sarjana (Strata 1).
Pada tahun 2015 FKIP UMK memperoleh ijin pendirian program studi baru yaitu Program Studi Magister Pendidikan Dasar (S2) dan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1), sedangkan Pendidikan Matematika (S1) memperoleh ijin pada tahun 2016, dan Pendidikan Profesi Guru (PPG) masih menunggu ijin turun

Program Sarjana

Program Studi Bimbingan dan Konseling - S1
Bimbingan dan Konseling Universitas Muria Kudus telah mendapatan Ijin Pendirian Prodi BK FKIP : No. 0125/O/1982; pada tanggal 12 April 1982, serta mendapatkan Ijin Operasional Program Studi: No. 3160/D/T/2007; pada tanggal 24 Oktober 2007.
Bimbingan dan Konseling UMK telah medapatkan peringkat Akreditasi pada BAN PT Tahun 2005 dengan peringkat B nilai 311 (SK BAN PT Nomor 021/BAN PT/Ak IX/S-1/XI/2005); Tgl. 17 Nopember 2005.
Sedangkan pada tahun 2011, BK UMK mendapatkan Peringkat Akreditasi BAN PT Tahun 2011 dengan peringkat B Nilai 320 (SK BAN PT Nomor 044/BAN-PT) Tgl. 4 Pebruari 2011.

Dan kali terakhir pada BAN PT Tahun 2015, BK UMK mendapatkan peringkat Akreditasi dengan peringkat B Nilai 319 (SK BAN PT Nomor 795/SK/BAN-PT/Akred/S/VIII/2015). Tgl. 1 Agustus 2015.

Website Prodi Bimbingan dan Konseling
Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris - S1
Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris merupakan satu dari 5 Program Studi yang ada di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muria Kudus yang didirikan sejak tanggal 12 Juni 1980 sesuai dengan ijin Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 0125/0/1982 semasa kepemimpinan Menteri Dr. Daoed Joesoef.
Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris merupakan yang pertama berdiri di wilayah Pantura Timur Jawa Tengah. Letaknya berada di Kampus Gondangmanis Bae Kudus. Sebagai Program Studi yang memiliki visi ke depan, Prodi PBI secara terus menerus berupaya untuk meningkatkan kualitas lulusannya dengan memperkuat fasilitas yang ada, memperbarui kurikulum pendidikan sesuai dengan kebutuhan, meningkatkan kapasitas SDM, dan menumbuhkembangkan forum akademik serta memperlebar jejaring dan kerjasama dengan institusi lain baik dalam negeri maupun luar negeri.

Sejak Tanggal 17 April 2019, Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP Meraih Akreditasi A dengan Nomor SK 1076/SK/BAN-PT/Akred/S/IV/2018

Website Prodi Pendidikan Bahasa Inggris
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) berdiri sesuai dengan Ijin Pendirian Prodi Nomor : 1396/D/T/2019 tanggal 18 Agustus 2009. Prodi PGSD merupakan Prodi yang menyelenggarakan pendidikan melalui proses Pembelajaran berbasis karakter, literasi, C4 (Creative, Critical Thinking, COmmunicative, and Collaboration) dan HOTS (HIgher Order Thinking Skill) untuk meningkatkan kualitas Pendidikan Sekolah Dasar. Memiliki Visi menjadi program studi yang menghasilkan pendidik sekolah dasar berbasis kearifan lokal dan berwawasan global pada tahun 2033. Prodi PGSD memiliki fasilitas, sarana dan prasarana yang menunjang kegiatan belajar mengajar, seperti Microteaching Lab, Laboratorium Alat Peraga, Ruang Karawitan, Ruang Musik serta ruang kelas yang representatif. Didukung dengan Dosen Pengajar berkualitas Doktor dan Magister, Program Studi PGSD terus mengembangkan sumber daya manusia, mengikutsertakan para dosen untuk mengikuti kegiatan ilmiah, seminar nasional dan internasional serta pelatihan-pelatihan baik dalam dan luar negeri. Prodi PGSD juga memperlebar kerjasama dengan institusi baik dalam dan luar negeri melalui Visiting Lecture, Guest Lecture dan kegiatan akademik lainnya.
Pada tahun 2019 Program Studi PGSD meraih capaian akreditasi A berdasarkan Surat Keputusan Nomor : 1231/SK/BAN-PT/Akred/S/IV/2019.

Website Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Program studi (S-1) Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) mempunyai visi menjadi salah satu pusat kajian pengembangan pendidikan dan pengajaran bahasa dan sastra Indonesia yang berorientasi pada kearifan lokal untuk menghasilkan lulusan yang menjunjung tinggi nilai-nilai luhur bahasa Indonesia sebagai jati diri bangsa.
Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) memiliki Misi : Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran bahasa dan sastra Indonesia bebasis kearifan lokal;Menyelenggarakan penelitian dan pengembangan keilmuan bahasa dan sastra Indonesia; Menyebarluaskan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam bidang pendidikan dan pengajaran bahasa dan sastra melalui pengabdian kepada masyarakat.

Website Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Program Studi Pendidikan Matematika - S1
Program studi (S1) Pendidikan Matematika mempunyai visi menjadi program studi yang andal dan mampu menghasilkan tenaga pendidik matematika yang cerdas, professional, berwawasan budaya, serta unggul dalam menciptakan inovasi pembelajaran matematika. Misi Program Studi Pendidikan Matematika adalah Menyelenggarakan pengelolaan pendidikan matematika untuk menghasilkan tenaga pendidik matematika yang cerdas, professional, berwawasan budaya, dan siap melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi; Menggiatkan kegiatan penelitian dan pengabdian pada masyarakat yang berkualitas dalam bidang pendidikan matematika; Menggalang kerja sama dengan pihak luar dan dalam untuk peningkatan kualitas pembelajaran matematika; Mengembangkan model dan media pembelajaran yang inovatif serta kreatif dalam pendidikan matematika.

Website Prodi Pendidikan Matematika

Program Pascasarjana

Magister Pendidikan Dasar - S2
Magister Pendidikan Dasar (Pendas) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muria Kudus didirikan sesuai Ijin Pendirian/Operasional Program Studi SK Menristekdikti No. 195/KPT/I/2015 tanggal 30 Desember 2015. Program Studi Magister Pendidikan Dasar memiliki 3 (tiga) konsentrasi bidang minat yaitu : 1. Manajemen Pendidikan Dasar, 2. Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3. Bahasa Indonesia Pendidikan Dasar, diharapkan Menghasilkan lulusan yang profesional, berbudi luhur, berdedikasi, bermartabat serta berbudaya di bidang pendidikan dasar, yang dapat mengaplikasikan keahliannya dalam bidang pendidikan menghadapi persaingan global; Menghasilkan lulusan yang mampu mengabdikan dan mengembangkan ilmunya demi perkembangan dan peningkatan kualitas pendidikan pada semua jenis dan jenjang pendidikan; Menghasilkan berbagai penelitian bidang pendidikan dasar yang berkualitas dan bermanfaat bagi peningkatan mutu dunia pendidikan maupun bagi masyarakat pada umumnya.

Minat Konsentrasi :
  1. Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
  2. Manajemen Pendidikan Dasar (MP)
  3. Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)
  4. Bahasa Indonesia untuk Pendidikan Dasar
Website Prodi Magister Pendidikan Dasar