Kerjasama Fakultas

FKIP UMK dalam menjalankan semua lini kehidupan administrasi, baik akademik, keuangan, dan kemahasiswaan tidak bisa terlepas dari keterlibatan dan dukungan pihak-pihak luar yang terkait. Hal ini diwujudkan dalam bentuk kerja sama yang mengedepankan segi mutualisme. Artinya kerja sama yang terjalin antara FKIP UMK diharapkan dapat memberikan kebaikan dan keuntungan bagi semua pihak. Kerja sama antara FKIP UMK dengan pihak-pihak lain yang terkait dilaksanakan secara periodik dan insidental.

Kerja sama-kerja sama periodik:
  1. Kerja sama antara FKIP UMK dengan Dinas Pendidikan (Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga/DISDIKPORA), Departemen Agama (DEPAG) dan sekolah-sekolah di Kudus, Pati, Jepara, Demak (SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK/MA/MAK) dalam melaksanakan Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) yang dilaksanakan setiap tahun sekali, dan magang mata kuliah bidang studi mahasiswa FKIP UMK sesuai kebutuhan.
  2. Kerja sama antara FKIP UMK dengan Perguruan tinggi di Filipina (St.Dominic Savio College, Centro Escolar University, Manila Central University) dan Thailand (Hatyai University)
  3. Kerja sama antara FKIP UMK dan lembaga-lembaga seperti biro wisata, perusahaan percetakan, radio, dinas pariwisata, perusahaan-perusahaan swasta dalam melaksanakan magang mata kuliah pilihan (Journalism, Tourism, Advertising, Secretaryship, Public Relation) mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris. Kerja sama ini dilaksanakan setiap tahun sekali
  4. Kerja sama antara FKIP UMK dengan organisasi profesi seperti Asosiasi Bimbingan dan Konseling Indonesia (ABKIN), Musyawarah Guru Pembimbing (MGP) yang dilakukan dalam bentuk pelatihan, lokakarya, dan seminar.
  5. Kerja sama antara FKIP UMK dengan Universitas Negeri Semarang dan UPGRIS Semarang dalam rangka melaksanakan Sertifikasi Guru dalam Jabatan.

Kerja sama-kerja sama insidental:
  1. Kerja sama antara FKIP UMK melalui unit Pusat Pelatihan dan Pelayanan Bahasa (P3B) Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris dengan SMP N 1 Kudus dalam melaksanakan Pendidikan dan Pelatihan Bahasa Inggris guru-guru Sekolah Bertaraf Internasional (SBI).
  2. Kerja sama antara FKIP UMK melalui unit Pusat Pelatihan dan Pelayanan Bahasa (P3B) Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris dengan SMP N 1 Jati Kudus dalam melaksanakan Pendidikan dan Pelatihan Bahasa Inggris guru-guru Sekolah Bertaraf Internasional (SBI).
  3. Kerja sama antara FKIP UMK melalui unit Pusat Pelatihan dan Pelayanan Bahasa (P3B) Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris dengan SD Islam Terpadu Al Islam Kudus dalam melaksanakan Pendidikan dan Pelatihan Bahasa Inggris guru-guru Sekolah Bertaraf Internasional (SBI).
  4. Kerja sama antara FKIP UMK melalui unit Pusat Pelatihan dan Pelayanan Bahasa (P3B) Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris dengan MA NU Banat Kudus dalam melaksanakan Pendidikan dan Pelatihan Bahasa Inggris guru-guru Sekolah Bertaraf Internasional (SBI)
  5. Kerja sama antara FKIP UMK melalui Program Studi Bimbingan dan Konseling dengan Departemen Agama Kabupaten Kudus dalam memberikan pelatihan pengisian portofolio sertifikasi guru dalam jabatan guru-guru di bawah Departemen Agama Kabupaten Kudus
  6. Kerja sama antara FKIP UMK dengan Departemen Pendidikan Nasional dalam melaksanakan Training Whole School Approach by Desentralized Basic Education (DBE3) Kabupaten Kudus.
  7. Kerja sama antara FKIP UMK dengan IALF untuk pelaksanaan studi banding dan pertukaran informasi tentang pembelajaran bahasa Inggris
  8. Kerja sama antara FKIP UMK dengan UNESCO dalam pelaksanaan CLCC (pembelajaran PAKEM) di sekolah dasar.
  9. Hubungan antara FKIP dan International Mennonite Exchange Program Committee (IMEPCO) dalam hal pengadaan native speaker.
  10. Hubungan antara FKIP dan International Indonesia English Foundation (IIEF) dalam pelaksanaan TOEFL ITP

Kerjasama Luar Negeri

Kerjasama Dalam Negeri

  1. Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta
  2. Universitas PGRI, Semarang
  3. Universitas Negeri Semarang (UNNES)
  4. Universitas Negeri Yogyakarta (UNY)
  5. Universitas Muhammadiyah Malang (UMM)
  6. Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ)
  7. Universitas Pendidikan Ganesha, Bali (UNDIKSHA)
  8. Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung (UPI)
  9. Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin (ULM)
  10. Balai Pengembangan Multimedia Pendidikan dan Kebudayaan (BPMPK) Jawa Tengah
  11. Cabang Dinas Pendidikan Wilayah 3 Provinsi Jawa Tengah
  12. Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kudus (DISDIKPORA)
  13. Dinas Pendidikan Kabupaten Jepara
  14. Dinas Pendidikan Kabupaten Demak
  15. Dinas Pendidikan Kabupaten Rembang
  16. Dinas Pendidikan Kabupaten Pati